Senin, 23 November 2009

Panitia ( Pertemanan ?! )


Kepanitiaan, mungkin ini adalah salah satu tolak ukur bagi para mahasiswa yang aktif dan tidak aktif, tetapi yang menjadi sebuah masalah adalah bagaimana jika kepanitiaan yang ada cuma berdasarkan rasa pertemanan bukan sebuah profesionalisme yang dijaga agar sebuah kepanitiaan berlangsung secara baik.
Hal ini yang sering menjadi sebuah masalah pelik di dunia mahasiswa, dan kemudian akan muncul sebuah pertanyaan, lebih baik ikut kepanitiaan yang anggotanya kita tidak mengenal baik atau kita ikut kepatiniaan yang kita sudah mengenal dekat anggota kepanitiaan.
Banyak hambatan yang akan didapatkan ketika sebuah kepanitiaan hanya didasari rasa pertemanan, diantaranya adalah antusiasme para anggota panitia terhadap acara yang dijalankan, karena hanya berdasarkan rasa pertemanan, loyalitas dan kemampuan berjuang untuk acara ini menjadi kurang sehingga peluang acara ini berjalan lambat dan tidak sesuai dengan timeline juga sangat besar.
Faktor pertemanan juga membuat seseorang sungkan untuk mengkritik apalagi memarahi teman kita apabila hasil kerja yang ada tidak sesuai dengan harapan, tetapi dibalik semua itu kita tahu kemampuan yang ada dari teman-teman kita, sehingga kita tahu pasti di post-post mana yang tepat ditempati orang tersebut.
Bagaimana cara untuk mensiasatinya, harus pintar-pintar memilih teman yang ingin kita ajak jadi panitia, jangan semua yang kita kenal kita jadikan panitia, jadikan teman-teman yang sudah dekat sebagai pilihan utama, dengan pertimbangan bahwa mereka bisa menerima kritikan kita, saran kita, dan pendapat kita. Akibatnya kinerja kepanitiaan bisa disesuaikan dengan kemamuan kita.

" Bekerja dan berusaha adalah kunci untuk sebuah keberhasilan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar